Pages

Ads 468x60px

Labels

Kamis, 13 Desember 2012

"Awal PraKerIn"

Assalamu'alaikum wr.wb.

 Senin, 03 Desember 2012 di Sekretariat Daerah BAGIAN KEAGAMAAN PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA tepatnya di Jl.Siti Jenab No.31 Cianjur, saya mendapatkan pengalaman baru. Saya melaksanakan Praktek Kerja Industri untuk pertama kalinya. 
       Disana saya ditemani oleh Elis dari XI AP 1 SMKN 1 Cianjur, dan mendapatkan 2 teman baru dari SMK Nurul Islam Sukaluyu Cianjur yang dua-duanya adalah perempuan yang bernama Mia dan Sollvi, dan ternyata Sollvi adalah teman dari Anggit di SD dan SMPnya.
       Pertama-tama saya diantar oleh Ibu Ridna menuju tempat kerja. Ketika pertama masuk ke tempat kerja, terlihat dari wajahnya bapa-bapa dan ibu-ibunya seperti galak, ternyata tidak mereka semua baik terutama Pa Dodi, beliau masih muda dan mirip sekali dengan Pa Ridwan di Smakzie, dari tubuhnya, sifatnya, dan juga suaranya sangat mirip sekali. Saya pun sampai dijajaninya untuk makan siang :D haha. Dan Kepala Bagian disana adalah Pa H.Cecep Sobandi yang baik juga.
       Saya kira hanya perkenalan dan melihat-melihat kantor dulu saja, ternyata tidak saya langsung bekerja hari ini juga. Pekerjaan pertama saya adalah mencari data-data tentang Yayasan-yayasan pendidikan, data-data masjid di Cianjur, juga data-data sekolah-sekolah yang ingin meminta bantuan dana dari Pemerintah Kabupaten Cianjur. Dan juga banyak orang yang datang yang ingin meminta bantuan tersebut. Dan saya pun disuruh untuk memfoto copy suatu lembaran sebanyak 200 lembar.
       Saya pulang dari PraKerIn tepat pukul 16.00 WIB dan untuk esok hari saya harus datang pukul setengah 8 pagi Disana juga saya diperbolehkan memakai baju jurusan disesuaikan dengan waktu disekolah. Pengalaman baru bagi saya yang sangat baik :).

       Selasa, 04 Desember 2012, Hari kedua Prakerin, Untuk pertama kalinya saya bersama teman-teman yang lainnya mengikuti Apel pagi, saya kira Apel pagi itu akan lama dan menghabiskan banyak waktu seperti upacara bendera hari senin di sekolah tenyata tidak, Apel pagi pelaksanaannya hanya beberapa menit hanya berbaris lalu berdoa sebelum memulai pekerjaan. Di hari ini, saya mendapatkan tugas baru yaitu menginput data-data tentang Yayasan-yayasan, masjid-masjid, sekolah-sekolah dan lain sebagainya ke Komputer. Pekerjaan yang lain yang  paling simple tapi melelahkan mata adalah mencari No.SK karena ketika orang akan mengajukan surat permintaan bantuan harus punya No.SK terlebih dahulu, dan orang itu suka lupa No.SKnya dan harus dicari terlebih dahulu dengan  system manual, dan sialnya data No.SK itu tidak sedikit tapi ada ribuan.

       Rabu, 05 Desember 2012, Hari ketiga Prakerin, Seperti biasanya saya masuk kerja pukul 08.00 WIB pagi, namun untuk hari ini saya diperkenankan untuk memakai baju jurusan. Dan juga untuk hari ini sampai Rabu depannya lagi yang Prakerin hanya 2 orang di Kadikpora yaitu hanya saya dan Elis karena 2 orang lagi dari SMK Nurul Islam sedang mengikuti ujian akhir Semester. Dengan otomatis itu akan membuat pekerjaan akan lebih banyak untuk saya, tapi itu juga menjadi tantangan untuk saya :). Pekerjaan pun sama seperti yang sebelumnya, menginput data, mencari No.SK, memfoto copy, dan ada tambahan pekerjaan lagi untuk saya yaitu membuat surat NPHD dan melampirkan berkas ke Bagian Umum Setda dan ke Bagian Keuangan Setda. Untuk hari ini saya sudah beberapa kali bolak-balik ke Bagian Umum Setda karena banyak sekali berkas yang harus dilampirkan. Dan saya pun pulang seperti biasanya pukul 16.00 WIB sore.

       Kamis, 06 Desember 2012, Hari keempat Prakerin, Saya berangkat dari rumah lebih pagi yaitu pukul 06.45 WIB. Sampai di kantor saya langsung bersih-bersih bersama Elis agar tempat kerja lebih nyaman untuk digunakan :). Pukul 07.30 WIB Semua warga Setda mengukiti Apel pagi dulu. Lalu mulai kerja pukul 08.00 WIB seperti biasanya. Pekerjaan di hari ini relatif sama seperti hari sebelumnya, tapi ada pekerjaan yang sedikit unik di hari ini. Saya disuruh Pa Dodi untuk menemani seorang ibu ke Bagian keuangan untuk membuat BAP, ternyata surat disposisinya belum ada dan tanda tangan dari pa Bupati pun belum tertera, terpaksa harus ke Pendopo dulu dan menemui Pa Iyad sebagai Ajudan dari Bupati Cianjur. Setelah ada surat Disposisi dan tanda tangan dari Bupati, saya pun harus menemani ibu itu ke Sekre Setda di teras pinggir Pendopo, saya sangat tidak menyangka bahwa Bupati (Pa Cecep) ada di teras depan Pendopo dan uniknya lagi ternyata Pa Bupati kenal dengan ibu yang saya antar, lalu mereka saling sapa dan saya pun ikut bersalaman dengan Pa Bupati dan membuat hati saya senang sekali :)).
Dan masih belum berakhir dari sana saya bersama si ibu langsung masuk ke ruang sekre,setelah dari Sekre saya harus balik lagi ke Bagian keuangan untuk membuat BAPnya dan dari situlah tugas saya selesai dan balik lagi menuju kadikpora untuk mengerjakan tugas lainnya. Suatu pengalaman yang unik bagi saya :).

        Jum'at, 07 Desember 2012, Hari kelima Prakerin, Semua berjalan seperti biasanya, semua perkerjaan sama seperti hari sebelumnya tidak ada yang berbeda, datang sama jam 08.00 WIB dan pulang juga seperti biasanya pukul 16.00 WIB.

Terimakasih :)).
Wassakamu'alaikum wr.wb.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Manchester United